Selasa, 02 April 2013

Hindari ini Demi Kesehatan Ginjal (Penting)

Halo AGAN, AGAN SISTA, Ane pgn kasih info aja nih ternyata Gangguan ginjal bisa dipicu oleh hal-hal sepele yang tanpa disadari sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Siapa sih yang belum pernah minum obat pereda nyeri, mengonsumsi garam atau gula? Rupanya itu semua bisa merusak ginjal.


Tentu saja tidak perlu menghindari sepenuhnya, cukup dibatasi saja agar tidak berlebihan. Garam misalnya, bagaimanapun tetap dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Hanya takarannya saja yang disesuaikan, jangan sampai berlebihan.
Beberapa hal yang bisa menyebabkan ginjal bermasalah seperti dikutip dari Huffington Post

1. Minum obat pereda nyeri jangka panjang
Penggunaan obat tertentu seperti pereda nyeri dalam jangka panjang apalagi dalam dosis tinggi bisa merusak jaringan ginjal. Baik obat resep maupun yang dijual bebas, keduanya sama-sama punya efek samping merusak ginjal. Diperkirakan 1-3 persen kasus gagal ginjal kronis disebabkan oleh penggunaan pereda nyeri yang berlebihan. 

2. Merokok
Efek negatif rokok terhadap jantung dan paru-paru sudah banyak dipublikasikan, tetapi kini penelitian juga menunjukkan bahwa perokok memiliki kandungan protein dalam urine. Ini menunjukkan adanya kerusakan pada jaringan ginjal. Penyakit yang merusak ginjal seperti diabetes dan tekanan darah tinggi juga memburuk akibat konsumsi rokok.

3. Berlebihan mengonsumsi gula
Banyak mengonsumsi gula adalah faktor risiko berbagai penyakit seperti diabetes mellitus dan obesitas. Kedua penyakit ini juga berdampak pada fungsi ginjal yang memburuk. Membatasi asupan gula tidak hanya menyelamatkan ginjal, tetapi juga lingkar pinggang.

4. Berlebihan menjalani prosedur radiologi
Ada baiknya melakukan tes fungsi ginjal sebelum menjalani pemindaian dengan alat apapun di rumah sakit. CT Scan, -Ray dan angiogram terkadang menggunakan pewarna khusus yang disuntikkan ke dalam tubuh untuk meningkatkan kontras warna. Hal itu berisiko memicu AKI (Acute Kidney Injury), yang diperkirakan dialami oleh 40 persen pasien di rumah sakit.

5. Banyak mengonsumsi garam
Terlalu banyak konsumsi garam natrium bisa meningkatkan tekanan darah, yang berujung pada kerusakan fungsi ginjal. Orang dewasa di Amerika Serikat mengonsumsi garam natrium rata-rata 3.300 mg/hari, jauh lebih tinggi dibanding batasan yang dianjurkan pemerintah yakni 1.500 mg/hari.

6. Kurangi Makanan Berlemak. Makanan berlemak akan menyebabkan kandungan kolesterol dalam darah Anda meningkat.

Pesen dari TS mendingan kita jaga ginjal kita, soalnya kalo udah Rusak kita jadi ga boleh capek dikit gan, jadi susah buat beraktifitas sama bekerja.Caranya mudah untuk menjaganya dengan Banyak Minum air Putih atau minum minuman yang Ber-Oksigen gan.

http://www.kaskus.co.id/thread/5156c9364f6ea1d02400000c/hindari-ini-demi-kesehatan-ginjal/







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Great Web page

Blog Archive